Sunday, March 3, 2013


Mengetahui gejala penyakit tipes menjadi hal yang harus dimiliki bagi setiap orang. Agar orang yang ada di sekitar kita bisa segera mendapat menanganan ketika penyakit ini menyerang. Sebab jika orang yang terkena penyakit ini tidak segera mendapat penanganan maka resiko terburuk penyakit ini siap mengancam. Seperti yang diketahui, hampir setiap tahun dalam rumah sakit terdapat pasien yang menderita penyakit ini.
Mengetahui Gejala Tipes

Tipes merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri bernama Salmonella. Bakteri Salmonella ini bisa berupa Salmonella  Entertica dan Salmonella Typhosa. Bakteri ini menyerang semua usia, baik anak-anak ataupun dewasa. Bakteri Salmonella biasanya menular melalui kotoran, hewan ternak, serta makanan yang sudah terinfeksi bakteri ini. Oleh karena itu, menjaga kebersihan merupakan salah satu cara untuk menjauhi penyakit ini. Namun sebaiknya kita juga harus mengetahui gejala kala penyakit ini menyerang. Berikut beberapa gejala penyakit tipes atau yang juga dikenal dengan sebutan Tifus:

1.       Demam yang tinggi dan lama
Demam menjadi salah satu gejala yang biasanya menerpa orang yang terinfeksi tipes. Dengan panas tubuh yang tinggi, serta seolah sulit untuk embuh menjadi salah satu cirri utama gejala penyakit ini. Untuk itu, apabila pada hari tertentu demam belum juga turun, maka sebaiknya segera periksakan kesehatan pada dokter.

2.       Perut tidak normal
Bakteri penyebab tipes menyebabkan gangguan pada perut. Beberapa gaangguan seperti diare, BAB tidak lancar, mual, mules, serta beberapa gangguan perut lainnya. Bakteri Salmonella biasanya menyerang bagian perut, khususnya usus. Sehingga jika usus sudah terinfeksi bakteri ini, lama kelamaan usus akan mengalami penipisan bahkan jika terus menerus, bukan tidak mungkin dinding usus halus akan jebol.

3.       Denyut nadi tidak normal
Biasanya salah satu tanda terserang tipes adalah denyut nadi tidak normal atau melamban. Hal ini disebabkan bakteri menyebabkan nadi melakukan reaksi. Salah satu reaksinya adalah denyut nadi yang menurun.

4.       Warna lidah memutih
Saat tipes duah mulai melanda, beberapa gejala ulai terasa, saatnya mencoba melihat gelaja yang lain yakni warna lidah. Warna lidah orang yang terjangkit tipes biasanya berubah jadi putih. Sedangkan untuk bagian tengahnya berwarna merah.

0 komentar:

Post a Comment